Minggu, 11 November 2018

Meetings (Giving a Report about An Product)


Produk

Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer, produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun yang diproduksi ("anything produced"). Namun sejak 1695, definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ("thing or things produced"). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan pertama kali oleh ekonom-politisi Adam Smith.
Dalam penggunaan yang lebih luas, produk dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama, sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan jasa.

Pengembangan Produk Baru

Pada dasarnya adalah upaya perusahaan untuk senantiasa menciptakan produk-produk baru, serta memperbaiki atau memodifikasi produk-produk lamanya, agar dapat selalu memenuhi tuntutan pasar dan selera konsumen. Kegiatan pengembangan produk tidak dapat dipisahkan dari konsep daur hidup produk. Setiap produk mengalami suatu siklus (daur) hidup tertentu : mulai dari saat dirancang, diproduksi, diterjunkan ke pasar, kemudian melewati tahap-tahap perkenalan, tahap puncak kematangan atau kejenuhan. Dalam menetapkan strategi pengembangan produk, ada empat macam pendekatan yang dapat ditempuh, yakni :
       1.  Modifikasi bauran produk
       2.  Perluasan lini produk
   3.    Penambahan citra dan manfaat produk
       4.  Diversifikasi produk

Perkembangan produk baru adalah suatu proses dari pencarian ide-ide untuk barang-barang dan pelayanan-pelayanan baru, dan mengubahnya menjadi tambahan lini produk yang berhasil secara komersil ( Darymple & Parsons, 2000, p. 219 ). Alasan dasar perusahaan mengembangkan produk baru adalah untuk menggantikan item-item yang telah kehilangan minat dari konsumen. Pengenalam item baru membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan

Contoh Produk Baru “Dum Dum Authentic Thai Tea”

Menikmati rasa otentik Thai Tea kini dapat langsung dengan mudah didapatkan di berbagai tempat di Indonesia. Namun, menikmati rasa sesungguhnya dari minuman segar asal Thailand ini tentunya tidak semua mampu menyajikan dengan rasa seperti aslinya.

Salah satu yang menjadi pilihan dan sedang banyak diminati adalah produk minuman Dum Dum Authentic Thai Tea. Dum Dum saat ini menjadi salah satu waralaba minuman khas Thailand yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga memiliki harga yang terjangkau.
Kata "Dum" berasal dari bahasa Thailand yang berarti minum. Menyediakan beragam minuman Thailand, Dum Dum Authentic Thai Tea diracik secara langsung seperti sebagaimana minuman ini ditemukan dari negara asalnya. Keistimewaan minuman-minuman tersebut terletak dari cara racik yang dilakukan langsung di stall. Jadi, pelanggan yang memesan pilihan yang diminatinya bisa secara langsung melihat proses peracikannya sehingga tidak diragukan lagi bahwa kesegaran dan aroma teh atau kopi yang disediakan akan tetap terjaga.

Salah satu keunikan dari Dum Dum adalah menyediakan minuman Thailand dengan rasa dan cara pembuatannya yang sama dengan aslinya di Thailand, jadi Blovers tidak perlu khawatir rasanya akan berubah atau berbeda dengan yang ada di Thailand.

Saat ini Dum Dum telah hadir di Summarecon Mal Kelapa Gading 1, dan menyediakan 4 varian minuman dingin yaitu Thai Ice Tea, Thai Green Tea, Thai Ice Coffee, dan Thai Milo Coffee. Setiap rasa yang disajikan dijamin mampu memberikan sensasi yang berbeda bagi penggemarnya

Reference :
https://id.wikipedia.org/wiki/Produk Retrieved on October 15th , 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar