Minggu, 11 Desember 2016

TUGAS 7

BISNIS INTERNASIONAL
            Pengertian bisnis internasional adalah bisnis yang kegiatan-kegiatan melewati batas batas Negara. Definisi ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional tetapi juga industri jasa yang berkembang dibidang seperti transportasi, pariwisata, dan perbankan. Pengertian menurut Ball, McCulloch,Frantz,Geinger,Minor(2006) adalah bisnis yang kegiatan melampaui batas negara. Pengertian menurut Charles WH Hill (2008) adalah perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional. Pengertian menurut Daniels, Radebaugh & Sulliyan (2004) adalah semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara 2 negara atau lebih.
            Tahap-tahap dalam memasuki bisnis internasional antara lain ,Ekspor insidentil adalah dalam rangka untuk masuk kedalam dunia bisnis internasional suatu perusahaan dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal dengan melakukan ekspor insidentil. Ekspor aktif adalah tahap ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif untuk melaksanakan manajemen atas transaksi itu. Penjualan lisensi adalah tahap ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produk kepada Negara penerima. Franchising adalah tahap lebih aktif lagi yaitu perusahaan disuatu negara menjual tidak hanya lisensi akan tetapi lengkap dengan atribut, perlatan, dan proses produksi. Pemasaran luar negeri adalah bentuk ini memerlukan intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang harus betul-betul secara aktif untuk melakukan manajemen pemasaran bagi produk di negara asing.
Faktor-faktor terjadinya antara lain, Pertama untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri. Kedua keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan Negara. Ketiga ada perbedaan kemampuan penguasa ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengelola sumber daya ekonomi. Keempat ada kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut. Kelima ada kesamaan selera terhadap suatu barang.
Ball.Donald A, McCulloch dan J. Michael. 2004. Bisnis internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar